Tips

Tips Menulis Artikel di Media Nasional Supaya Mudah Dimuat

Tips menulis artikel di media nasional |Menulis itu gampang. Terlalu banyak orang mengatakan seperti itu. Dan memang, sepanjang anda tahu yang anda tuliskan itu, maka menulis memang gampang. Lalu, mengapa tulisan anda tidak tembus juga diterima dan akhirnya muncul di media nasional?

Memiliki tulisan yang dimuat di media nasional adalah salah satu tolok ukur kualitas dari tulisan anda. Dan ujungnya nanti bisa menjadi pembuktian kualitas anda sebagai pribadi akademis yang mumpuni.

Memang sih, menulis sebagai pembuktian diri seperti itu bukan tujuan yang layak dibanggakan. Namun bukan pula sebagai tujuan yang terlalu buruk. Tujuan utama dari kegiatan menulis hendaknya adalah tetap untuk memberi sumbangsih bagi peningkatan khasanah pengetahuan, budaya dan literasi bangsa kita.

Sepintas terdengar itu tujuan yang terlalu muluk. Tapi percayalah, seandainyapun pada awalnya tujuan anda menulis adalah untuk menjadi dikenal, pada suatu titik, anda akan sampai pada saat untuk mempertanggungjawabkannya.

Dan tanggung jawab sebagai penulis inilah juga yang akan menjadi salah satu faktor bagaimana tulisan anda bisa masuk – tembus – diterima di media – dalam hal ini media berlingkup nasional.

Lalu bagaimana caranya agar media nasional yang kita tuju tadi bisa mengenali bahwa anda – sebagai penulis – adalah sosok yang layak karena kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan tulisannya? Ok, lanjut ya bacanya….

Tips Menulis Artikel di Media Nasional Supaya Mudah Dimuat

Kenali karakter media yang akan dikirimi artikel

Tiap media memiliki kencenderungan masing-masing. Semisal artikel yang biasa muncul di Kompas berbeda dengan yang bisa dan biasa ada di Jawa Pos, Duta, ataupun Surya.

Jangan ragu untuk lebih banyak membaca artikel dari luar yang dimuat di beberapa media nasional tersebut. Akan akan dengan segera mengenali perbedaan mereka, baik dari sisi tema, gaya bahasa, maupun kecenderungan tertentu.

Setelah tahu perbedaan mereka, silahkan diputuskan artikel mana yang akan anda kirim ke media nasional yang mana.

Jangan coba-coba untuk mengirim satu artikel ke beberapa media nasional dalam waktu bersamaan. Kalau sampai semua dimuat, anda akan berharap bisa menghilang dan tidak usah kembali.

Bangun reputasi dengan menulis di media lokal dan regional

Salah satu langkah untuk membangun reputasi anda sebagai seorang penulis artikel yang mumpuni adalah dengan mulai menulis untuk media lokal, lalu regional secara berkala terlebih dahulu.

Pertama anda bisa mencoba aktif menulis untuk media di sekolah, kampus, atau koran lokal dulu. Dari situ anda akan memiliki portofolio atau track record yang cukup untuk bisa memudahkan tulisan anda diterima dan dimuat media nasional.

Tangkap momen yang sedang hangat

Salah satu syarat tulisan bisa dimuat itu jika tulisan atau artikel tersebut aktual. Itu sebabnya, tulislah tentang isu yang sedang hangat diperbincangkan orang. Kalau tidak ya mending disimpan sendiri atau dikirim ke media yang khusus membahas tema yang sesuai dengan tulisan anda itu.

Jadilah sesuatu

Percaya atau tidak, siapa anda, itu sangat berpengaruh akan dimuat atau tidak tulisan anda. Ini ada hubungannya dengan kemampuan anda untuk mempertanggungjawabkan ide yang anda tuangkan dalam tulisan seperti pada poin pertama tadi.

Dan anda tidak perlu ragu apalagi malu mengakui diri sebagai – misalnya penggiat sastra, ketua organisasi tertentu, ketua komunitas, direktur, owner, atau founder dari organisasi tertentu. Predikat atau jabatan ini akan menjadi latar belakang dari kompetensi anda menulis dan membahas sesuatu dalam tulisan anda tadi.

Sebagai tambahan bacaan, silahkan baca juga:

About the author

graniti

Penerbit Graniti menyediakan layanan penerbitan buku ajar, novel, buku ilmiah, majalah lengkap dengan ISBN resmi dan valid.
Silahkan baca Daftar Layanan Penerbit Graniti

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.