Menerbitkan Buku

Cara Praktis Menulis Buku

Cara praktis menulis buku | Awalnya adalah niat.

“Kalian harus bisa menulis, menulis, dan menulis.  Tulisan itu harus bagus, harus begini – harus begitu. Semua ada kaidahnya. Karena itu, kalian harus bisa menulis.” Itu adalah petikan (boleh dibilang fakta/boleh juga dibilang dongeng) seorang pengajar yang meminta muridnya untuk menulis.

Pengajar tersebut menggebu-gebu berbicara tentang dunia tulis menulis, meminta muridnya menulis. Tapi, tiba-tiba ada adegan berikut,”Bapak, apakah bapak pernah menulis buku? Kami ingin melihat modelnya.” Sungguh luar biasa pertanyaan dari murid tersebut. Pertanyaan sederhana, tapi dalam.

Masalahnya adalah pengajar tersebut tak pernah menulis buku satupun. Luar biasa. Apa nggak seperti ditusuk-tusuk sembilu kalau murid bertanya seperti itu? Menjadi seorang pengajar, tampak lebih etis tatkala meminta muridnya menulis dan sang pengajar juga menunjukkan bahwa dia handal menulis, tentunya teori dan praktik.

Menulis buku tidaklah berat. Cukup munculkan apa yang disebut dengan niat. Itu adalah kata kunci utama. Niat. Niat. Niat. Banyak orang ngomong sana-sini mau nulis buku, mau nulis buku. Tapi, klutik, sebatas omong doang.

Kenapa? Karena menulis buku juga tidak semudah membalikkan telapak tangan.  Karena itu, munculkan niat sebagai langkah awal menuju jalan menulis.

Memang sih, tak bisa dipungkiri, menulis buku memang banyak jenisnya. Kalau nulis buku kategori ilmiah, tentunya butuh waktu berpikir dan butuh riset, tapi kalau nulis buku yang ‘ringan’ dan populer mungkin lebih cepat. Bahkan, guyonannya sekali tarikan napas, jadi deh tulisan itu.

Masalah yang purba dalam menulis

Masalah purba penulis buku, pengajar (guru/dosen) salah satunya adalah menerbitkan dan/atau menulis buku. Mereka ingin sekali menulis sekaligus menerbitkan buku. Menulis buku bagi seseorang ataupun bagi guru/dosen merupakan kebanggaan tersendiri.

Selain itu, menulis buku juga mendapatkan point tersendiri untuk kenaikan pangkat (terutama untuk guru/dosen). Namun, kendalanya, mereka tak tahu harus ke mana.

Kami, penerbit Graniti memfasilitasi hal tersebut, memberikan pelatihan menulis buku ajar sekaligus menerbitkannya.

Jumlah cetaknya pun tak harus ratusan eksemplar, 10 eksemplarpun bisa. Mudah, bukan?

Menulis buku umum

Menulis buku umum, populer, budaya secara umum memiliki standar berikut…

  1. Judul dan nama penulis (penerbit)
  2. Isi yang sesuai dengan tema
  3. Daftar pustaka (kondisional)

Untuk masalah tebal tipisnya buku, semua bergantung penulis. Ada penulis yang suka menulis tebal dan ada yang suka menulis tipis.

Menulis buku ajar

Menulis buku ajar bukanlah hal yang sulit. Secara umum, menulis buku ajar biasanya memiliki standar sebagai berikut:

  1. Judul dan nama penulis
  2. Digunakan untuk matakuliah tertentu
  3. Tiap bab memiliki standar kompetensi mahasiswa
  4. Tiap akhir bab ada lembar pelatihan
  5. Daftar pustaka dari buku yang disitasi
  6. Glosarium
  7. Lampiran pendukung

Akhirnya adalah editing

Jika buku sudah selesai ditulis, itu bukan berarti final. Ada langkah selanjutnya, yakni editing. Editing bisa diserahkan ke editor ataupun di edit sendiri.

Dalam KBBI (2014), definisi editor ialah orang yang mengedit naskah tulisan atau karangan yang akan diterbitkan di majalah, surat kabar, dsb.

Editor terbagi menjadi tiga, yakni editor bahasa, editor pengelola, dan editor penyelia. Editor bahasa bertugas mengedit ejaan, diksi, dan struktur kalimat.

Editor pengelola ialah editor yang bertuga atas penyampaian berita di televisi. Editor penyelia (penyunting ahli) ialah manajer penyunting yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas para editor yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas para editor secara tepat dan efisien sesuai dengan yang telah ditentukan.

Selain istilah editor ada pula istilah penyelaras akhir.Tugas dari penyelaras akhir yakni menghaluskan editan bahasa yang dilakukan oleh editor. Selamat menulis!

About the author

graniti

Penerbit Graniti menyediakan layanan penerbitan buku ajar, novel, buku ilmiah, majalah lengkap dengan ISBN resmi dan valid.
Silahkan baca Daftar Layanan Penerbit Graniti

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.